me

Sejarah Singkat Berdirinya Sekolah.


Penduduk asli Ciputat dan orang-orang yang sudah lama bermukim di Ciputat, menyebut SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan dengan nama SMA 27. Hal ini disebabkan pada awal berdirinya, sekolah ini bernama Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 27 Jakarta Filial SMAN Tangerang di Ciputat. Gedung sekolah pertama kali dibangun oleh Pemerintah DKI Jakarta semasa Gubernur Ali Sadikin.


SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan mulai beroperasi pada tanggal 4 Januari 1977 dengan nama SMAN 27 Jakarta Filial SMAN Tangerang di Ciputat. Sesuai dengan perkembangnnya, maka pada bulan April 1979 dengan adanya peralihan pembinaan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Depdikbud DKI Jakarta ke Kantor Wilayah (Kanwil) Depdikbud Propinsi Jawa Barat, maka status SMAN 27 Jakarta kelas jauh Ciputat berubah menjadi SMA Negeri Tangerang Filial Ciputat. Dengan keluarnya SK Mendikbud RI No. 0298/0/1982 tanggal 9 Oktober 1982, maka SMA Negeri Tangerang Filial Ciputat dinyatakan mandiri dengan nama SMA Negeri Ciputat.


Selanjutnya dengan adanya SK Mendikbud RI tanggal 27 Maret 1997 tentang perubahan Nomenklatur SMA, maka nama SMA Negeri Ciputat berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Ciputat dan terakhir berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Kota Tangerang Selatan No. 10 tanggal 25 Mei 2009, nama sekolah berubah lagi menjadi SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Letak Ciputat persis di bibir Ibu Kota yang berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan, oleh karena itu sampai saat ini Ciputat tidak dapat terlepas dari pengaruh kehidupan masyarakat Jakarta, baik dalam kehidupan sosial, ekonomi maupun budaya. Secara geografis SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan berada di wilayah Timur Kota Tangerang Selatan dan secara administratif penduduk/masyarakat Ciputat adalah warga Kota Tangerang Selatan.