"MPLS DARING SMAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN”

MPLS, 2020


SUSUNAN ACARA KEGIATAN MPLS 2020

MPLS SMAN 1 KOTA TANGERANG SELATAN

adminwebsite

Pelaksanaan Tahun Ajaran Baru akan segera dimulai namun kondisi penyebaran Covid-19 masih tinggi. Tahun ajaran yang akan dimulai pada 13 Juli 2020 nanti ini, akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang dikenal dengan ospek dilakukan tatap muka di sekolah. Namun, hal ini terpaksa berubah lantaran pandemi COVID-19.

Terutama untuk wilayah zona kuning sampai merah, kegiatan MPLS akan dilakukan secara online. Tentu dari sisi isi materinya tidak beda dengan MPLS tahun-tahun sebelumnya.

Sekolah harus mampu mengemas kegiatan MPLS sedemikian rupa agar tidak membosankan bagi para siswa. Setiap sekolah dengan berbagai cara mempersiapkan secara teknis dan materi untuk MPLS online. Karena dilaksanakan secara online, sekolah sulit untuk melihat perilaku siswa baru saat MPLS online nanti karena tidak bertemu langsung. MPLS lebih kepada membangun karakter, tentu tidak bisa optimal sebagaimana kalau langsung tatap muka. Tentu sulit untuk melihat bagaimana sikap dan perilaku peserta didik. Alternatifnya dapat disikapi dengan penugasan kepada peserta didik untuk membuat resume atau refleksi setiap akhir pertemuan atau dengan memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab pada sesi-sesi tertentu dengan waktu yang sudah ditentukan untuk mengecek peserta tersebut mengikuti dari awal sampai akhir.

Selain secara daring, pihak sekolah pun memberikan pelayanan bagi para peserta didik yang kesulitan mengikuti MPLS Online. Peserta didik baru diperkenankan hadir ke sekolah untuk mengikuti MPLS Online di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan sebelumnya harus melaporkan diri pada sekolah untuk dilakukan pendataan.

Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Koneksivitas Pandemi Covid-19 BELAJAR DARI RUMAH, MPLS luring dan daring :

• mengutamakan penghargaan bukan hukuman • pendidikan keluarga • pengenalan lingkungan sekolah • secara daring dan luring

Peran Pendidik pada MPLS new normal

• memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara daring, luring, maupun kombinasi keduanya sesuai kondisi dan ketersediaan sarana pembelajaran • berkordinasi dengan kepala sekolah dan mereview Materi • menyiapkan penlaian diri guru, dukungan guru, sumber daya, menyusun pembelajaran, dukungan dan umpan balik kepada siswa dan penilaian • menyiapkan profil pembelajaran, status dan kebutuhan saat ini, dukungan kelurga Peran orangtua pada MPLS new normal • memastikan mekanisme komunikasi dengan guru dan tenaga pendidik • bersama guru merencanakan pembelajaran inkulusif (al. jadwal dan penugasan) sesuai kondiri orang tua dan peserta didik • bersama guru mengontrol pembelajaran siswa • berkoordinasi dengan guru mengenai penugasan belajar

Skenario Pelaksanaan MPLS 2020

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Secara Daring: • Asynchronous Online Courses. Peserta didik tidak harus belajar secara real-time (live). • Synchronous Online Courses. Peserta didik harus mengikuti kelas secara langsung dan dapat berinteraksi di saat yang bersamaan. • Hybrid Courses. Tipe ini merupakan kombinasi kedua tipe di atas. Dilaksanakan selama 3 hari dengan berbagai alternatif

Konsep MPLS 2020/2021

MPLS 2020 mengambil tema “ Menggali kebaikan dan Potensi Diri dengan Maksimal dari Rumah”. Artinya, seluruh kegiatan MPLS diikuti oleh peserta didik dari rumah masing-masing dan dikendalikan dan dievaluasi secara blended (kombinasi luring dan daring) oleh pendidik.

Mekanisme MPLS 2020

1. Untuk teknik penilaian dalam asesment terstruktur harus sesuai dengan jenis kegiatan, yang terdiri dari: observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan, atau angket 2. Instrumen penilaian yang digunakan harus mampu mengukur kemampuan peserta didik saat kegiatan daring dalam berbuat kebaikan dari rumah, seperti: penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dilakukan terhadap portofolio yang menggambarkan unjuk kerja peserta didik, dan penilaian sikap dapat menggunakan teknik penilaian observasi selama kegiatan MPLS daring 3. Setelah dilakukan penilaian, panitia berkewajiban untuk memberikan feed back atau balikan dan menyampaikan hasil belajar ke peserta didik 4. Panitia juga dapat memberikan penghargaan pada peserta didik dengan proses belajar yang paling baik

(Red: Djamilah Sudjana,2020)


Leave a Comment:
Commenter Name
no available
Commenter Name
available soon
Commenter Name
available soon
Commenter Name
available soon
Search
Agenda
  • Mar
    23

    Hari Batik Nasional

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

  • Jan
    16

    Pesantren Kilat

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

  • Dec
    8

    Hari Ibu Kartini

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

More Events »
Side Widget
You can put anything you want inside of these side widgets. They are easy to use, and feature the new Bootstrap 4 card containers!