“Kisah Juang; Lomba Karya Ilmiah di UGM”

KIR, prestasi


Lomba KIR UGM 2019

"Adhima Al Azmy (XI MIPA 3); Emerya Putri Annisa Z. (XI MIPA 2); Syahbila Amanda Putri R. (XI MIPA 1)".

(Yogyakarta, November 2019) Masa SMA adalah fase dimana kita harus banyak mencoba, gagal, dan belajar. Inilah prinsip yang dibangun oleh tiga siswi kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Ketiga siswi ini mencoba peruntungan mengikuti sebuah perlombaan yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Berawal dari keisengan sang ketua tim, Adhima Al Azmy (XI MIPA 3) yang sedang menggulir laman media sosial Instagram miliknya, lalu menemukan sebuah perlombaan Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diadakan oleh Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Ia tertarik dan langsung mengajak dua temannya, yakni Emerya Putri Annisa Z. (XI MIPA 2) dan Syahbila Amanda Putri R. (XI MIPA 1) untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Perlombaan ini mengusung tema “Optimalisasi Pemanfaatan Serangga Secara Kreatif dan Inovatif dalam Rangka Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs)”. Proses seleksi dilakukan dalam 3 tahapan, mulai dari seleksi abstrak, seleksi full paper, hingga presentasi karya di depan para dosen Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, UGM. Mereka proaktif mencari bahan penelitian serta berkonsultasi dengan guru pembimbing. Setelah mendapat berbagai saran, mereka pun membuat karya ilmiah berjudul: Potensi Kecoa Sebagai Penyembuh Luka.

“Kami sengaja memilih objek kecoa dalam penelitian ini karena kami ingin mengubah sebagian persepsi masyarakat bahwa kecoa itu menjijikan, kotor, dan jorok menjadi kecoak itu hewan yang bermanfaat bagi tubuh kita.” Ujar Emerya. “Tak disangka-sangka, mereka lolos seleksi abstrak. Tekad mereka pun semakin bulat untuk memenangkan perlombaan ini. “Kami semakin semangat berjuang untuk menulis full papernya.” Ujar Adhima. “Kami juga mendapat berbagai wejangan dan dukungan dari guru-guru SMAN 1,” Ujar Syahbila.

Setelah dinyatakan lolos seleksi full paper, mereka pun berangkat menuju Yogyakarta (22/11/19) didampingi oleh Pak Wawan Kuswanto (Wakasek Kesiswaan) untuk mengikuti rangkaian proses seleksi tahap presentasi karya. Mereka sangat bersemangat, namun terkadang mereka juga sedikit gugup melihat peserta lain membawa prototype dan banner yang apik. SMAN 1 Kota Tangerang Selatan, bersama 9 SMA/SMK/MA lainnya dari seluruh Indonesia bersaing secara ilmiah untuk mendapatkan gelar juara di perlombaan ini.

Saat sedang presentasi karya di hadapan tiga dosen Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan UGM, mereka mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan percaya diri berkat pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Pak Hadi Prastyo (Biologi), Pak Hari Suharto (Kimia), Bu Nurul Assokhowati (B. Indonesia), dan Pak M. Khoriq (IT).

Tepat di malam puncak pengumuman pemenang lomba karya ilmiah tingkat nasional ini, mereka berhasil memperoleh gelar Juara Harapan II Lomba Karya Ilmiah Nasional yang diikuti oleh putra-putri terbaik di seluruh Indonesia. Mereka sangat bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan oleh UGM dan support yang besar dari Bapak/Ibu Guru beserta Staff SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Mereka bertiga pun bertekad untuk berjuang lebih keras pada perlombaan karya tulis ilmiah selanjutnya serta mencetak prestasi bidang akademik lainnya selama menimba ilmu di SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. (Red: Hari/KIR)


Leave a Comment:
Commenter Name
no available
Commenter Name
available soon
Commenter Name
available soon
Commenter Name
available soon
Search
Agenda
  • Mar
    23

    Hari Batik Nasional

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

  • Jan
    16

    Pesantren Kilat

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

  • Dec
    8

    Hari Ibu Kartini

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit.

More Events »
Side Widget
You can put anything you want inside of these side widgets. They are easy to use, and feature the new Bootstrap 4 card containers!